Tuesday, November 11, 2014

PLANNING - full trip Jawa Barat

      Suatu siang terik di bulan puasa, dalam perjalanan abis liat pabrik di Karawang, jelang libur lebaran, pas lewat pintu tol, gw dikasih peta mudik. Tadinya gw ga gitu tertarik, tapi karena jalanan macet dan temen tripping gw tidur nyaris sepanjang jalan, akhirnya gw iseng bolak - balik tuh peta.


Ga tau kenapa, mata gw ngeliat suatu titik di ujung selatan peta itu "Pantai Ujung Genteng" begitu tulisannya. Gw udah banyak denger soal pantai ini, mulai dari yang mistik sampai eksotik, dari yang crispy sampe crunchy. Tapi gw belum tau banyak soal tempat ini... tapi kok kayak di kepala gw ada setan yang mendadak dateng... "belum pernah kan lo ?? mending kesini aja nih lebaran nanti?" trus ada setan laen lagi juga bilang," Lebaran ? Aduh jangan deh, pasti macet!" trus ada lagi "Masak jalan - jalan kalah sama macet" dan begitu seterusnya.. (NB: Setan yang bilang macet pas lebaran itu supir kantor gw.. hmm tau kan maksud gw xixixi)

Akhirnya daripada penasaran, gw memutuskan untuk mulai mencari tahu , jadi inilah yang gw lakukan .
1) Googling (di jam kantor)   mengenai  hal - hal apa aja yang menarik di sekitar lokasi.
2) Ngikutin Vasco da Gama waktu memulai perjalanannya, gw pun mulai ngitung jarak tempuh dari rumah gw ke lokasi
3) Buat itinerary dan budget
4) Cari penginapan sesuai budget

Oke... mulai dari tahap 1 -- Googling..
Dari hasil googling ternyata gw nemu banyak tempat yang belum pernah gw datengin, dan ini sangat berbahaya buat gw ! Karena malah bikin gw kemaruk, semua tempat mau gw datengin... dan terbukti ini jadi masalah buat gw pas di stage 3--Buat itinerrary dan budget :( ooohhh No !!
Berikut adalah tempat - tempat yang (mungkin) layak untuk didatengin, setelah googling beberapa hari.
- Situ gunung dan air terjun, curug sawer... masih tetangga-an
- Pantai pelabuhan ratu
- Sumber air panas Cisolok
- Gua Lawah di pantai Bayah
- Pantai Tanjung Layar
- Curug Cikaso
- Mini tanah lot di kompleks penginapan Amanda Ratu
- Penangkaran Penyu, Pantai Pangumbahan
Semua itu langsung masuk dalam daftar "visit list" gw tanpa pake mikir panjang. Emang sih.. di tahapan ini biasanya gw jarang mikirnya. Segala ada gw telen bulet - bulet. Nanti baru sampe di taraf "agak mikir" pas di tahap 2... baru mulai "serius mikir" di tahap 3 dan di tahap 4, itu lebih ke arah... Realistis hehehehe

Masih sambil googling, gw mulai masuk ke tahap 2, yaitu ngitung jarak...
Rute yg akan gw ambil adalah : Rumah gw- toll JORR - toll Jagorawi (mentok) - Sukabumi - Pelabuhan Ratu - Bayah - Pelabuhan Ratu -  Ujung Genteng

Kenapa sampe Pelabuhan Ratu muncul 2x ? Bukaaan ! Itu bukan karena salah ketik, tapi emang akan 2x melewati Pelabuhan Ratu kalau saya mau ke pantai Bayah. --> ini akan jadi kesalahan yang ga gw sesali.

Gw ga tau pasti jaraknya berapa, tp dari peta mudik yang gw punya, yang info jaraknya cuma sampe Pelabuhan Ratu , kurang lebih begini :
Jakarta - Ciawi : 62 kilo
Ciawi  - Cibadak : 52 kilo
Cibadak - Pelabuhan ratu : 40 kilo
Total jenderal itu jarak tempuhnya adalah sekitar 154 kilo... itu baru sampe Pelabuhan Ratu doank loh..

Kalo gw mau ke pantai Bayah, itu kalo gw liat di peta ( sotoy) sekitar 30 - 40 kilo..dari pelabuhan ratu
terus dari Pelabuhan Ratu ke Ujung Genteng .. (sotoy lagi) mungkin sekitar 50 kilo-an.. yuuhhuuuu :)
Tripping lagi kita.....

Setelah Vasco da Gama selesai melakukan perhitungan, maka ia membuat itinerary dan budget. Jadi begitu jugalah gw..
Gw mulai kalkulasi bensin.. yang ternyata berganti jadi solar, krn akhirnya sepakat pake the green panther.. ini sebetulnya mobil babe gw.. jd gw ga kasih nama secara aklamasi, tapi diem2 gw suka nyebut dia pipie. just between him and me.. :) so in this story, I would call him as "pipie"
Berhubung perjalanan ini terjadi di tahun 2012 dan munkin relevansinya (ceiileeee bhs gw) berkurang dibandingkan dengan saat gw nulis blog ini.. apalagi nanti setelah blog ini ditemukan orang berabad- abad kemudian, maka gw memutuskan untuk ga nulis detail soal budget gw. Karena bisa jadi, hitungan budget gw jadi bias... xixixixi padahal seeeeh.. gw tuh males ngopi xcell ke blog #melipirketempatyanggabisaditemukan orang#
Tapi sungguh deh.. saat ngitung budget ini adalah saat paling menegangkan.. karena seringkali gw terbelalak dengan angka yang gw hasilkan dan terpaksa harus merombak lagi itungan gw.. Padahal ini cuma tur ke Jawa Barat.. gimana gw tur ke Eropa Barat ?? Well... I will be completely gembel pas balik dr tur Eropa.

Okeee back to my final budget, kalau berabad2 lalu Vasco da Gama setelah selesai melakukan perhitungan budget lantas melaporkan hasil perhitungannya ke queen of England, dan diberikan suntikan dana segar utk memulai petualangannya.. gw pun jg ga mau kalah..
Hasil hitungan budget gw, juga gw serahkan ke queen of ...... a.k.a nyokap gw yang bakal ikut dalam tur kali ini... Tapi sayangnya gw ga seberuntung Vasco da Gama... nyokap gw cuma bilang.. "yah atur aja.." #grid# hahahaha

Nah.. Tahap ke empat, menurut gw adalah tahap yang paling mengasyikkan..tapi juga menyebalkan..
Dimana elo bisa browsing, nemu hotel keren dan crap#$%^&#$ pas liat room rent price nya..
Tapi sebulan sebelum berangkat, gw udah bisa fix semua hotel dan losmen yang bakal gw datengin.





- Hotel Augusta, Pelabuhan Ratu
- Losmen Mama, Ujung Genteng...



















No comments:

Post a Comment