Tuesday, November 11, 2014

ACTION - Full Trip Jawa Barat # Situ Gunung & Curug Sawer, Sukabumi

Situ Gunung

Gw tuh selalu seneng berangkat tripping saat dinihari. Beberapa kali gw mulai trip di jam maling masih beroperasi. Jam dua, jam tiga pagi. Ga tau, rasanya adem aja mulai jalan jam segitu. Jadi lebih semangat jg..
Tujuan awal kompi kecil gw yang terdiri dari 2 mobil berisi 2 anak - anak dan 6 orang dewasa adalah Situ Gunung. Setelah sepakat bakal berangkat dari rumah gw jam 2 pagi, akhirnya jam 2.25 rombongan kecil gw mulai berangkat. Hari itu sebetulnya udah takbiran menurut kalender, tapi karena berdasarkan penglihatan ulama, hilal belum nampak sempurna, puasa pun ditambah dan lebaran mundur sehari. Untungnya libur lebaran gw ga mundur... kalo mundur, bisa bubar jalan rencana yang udah mateng..

Meski sudah di masa mudik, namun toll JORR terasa sangat lengang, gw kira, kita akan nemu kemacetan di ruas toll Jagorawi.. tapi ternyata dari lepas JORR, masuk toll Jagorawi hingga keluar Ciawi, kondisi jalanan ramai sangat lancar.....
Bahkan pasar Cibadak, yang biasanya ga gerak akibat angkot2 ngetem sembarangan .. hari itu kosong melompong.. luar biasa .. #hihihi iyalah.. angkot mana yang mau ngetem jam 3 pagi#

Buat yang belom tau, gw pengen kasih tau sekilas info, Situ Gunung terletak di kaki gunung Pangrango, lokasinya ada di dalem wilayah TN Gunung Pangrango. Disini bisa dijadikan starting point mendaki Pangrango, dari Sukabumi. Kalau jadi starting point pendakian, pasti ada camping ground.. iya !! betul sekali ! Ada beberapa spot camping ground disini.
Bahkan ada juga sarana 5* camping alias camping dgn hotel bintang 5 style. Tidur di tenda dengan alas matras springbed dan kamar mandi kereeeen... tapi berhubung gw ga nginep disitu.. gw ga bisa cerita detail. tunggu gw bisa dpt voucher gratis yeee ..

Kalau udah kesini, coba juga jalan ke curug sawer. Kurang lebih 3 kilometer jalan kaki, lewatin jalan setapak. Sesekali gw ketemu sama orang yang bawa carrier segede orang. Gw rasa beratnya udah kayak ngegotong sekarung beras kali ? Sementara gw ? Ransel gw cuma diisi sama air minum, dompet dan payung hehehe.. pantesan aja kebalap sama gw yang jalannya kayak siput.

Saat kita lagi jalan menuju danau, matahari baru mulai bersinar, cuma gw ga dapet efek dahsyat kayak yang suka gw liat di foto orang - orang. Danau berkabut saat matahari terbit, efeknya kyk mistis gitu... pas gw suruh koddie bekerja, dia malah dapet gambar yang biasa aja... ngambek nih kayaknya..
Ditengah jalan, gw ditemenin sama celotehan siamang. Iya mereka riuh berteriak - teriak, bersahut - sahutan. Pepohonan disekitar kami kadang bergemerisik dan terlihat mereka berayun dari satu dahan ke dahan lain. Keren sekali... bahkan anak gw yang paling kecil saking kagumnya nyaris berlari mengejar salah satu siamang yang dia liat.. #astaga!!#

Situ Gunung masih terlelap ketika kita tiba disitu. Bahkan penjaga loket karcis jg kosong melompong. Pukul empat pagi dinihari... Hawa gunung langsung menyentuh kulit, namun saat mata melihat jutaan bintang bertaburan indah di langit sana, ditemani keriuhan suara tenggoret, rasanya gw memiliki dunia gw sendiri....
Sayang koddie gw ga cukup kuat lensanya buat nangkep jutaan bintang itu.. gw cuma bisa merekamnya dgn mata gw dulu.

Note: buat yang mau foto, sebaiknya datang dari pagi saat langit masih gelap. Stand by di tepi danau. Sedia lampu senter, karena jalan menuju danau cukup menurun curam. Meski jalan kondisinya lumayan bagus, bebatuan dilapisi aspal yg mulai mengelupas, namun sebaiknya turun dengan berjalan, jangan bawa mobil turun ke danau.  Kendaraan bisa diparkir di gerbang masuk Situ, ada warung disitu, gw jg nitip mobil disitu.
Kesalahan gw, ga standby di tepi danau, tapi jelang langit memerah, gw baru beranjak. Jadi efek matahari terbitnya sudah keburu terlambat. Karena rasa - rasanya, mungkin perasaan gw aja, tapi matahari cepet bener terangnya.. dan semua momen mendadak sirna :(

Sekitar Situ Gunung, banyak siamang yang melompat dari pohon ke pohon




Curug Sawer

No comments:

Post a Comment