Tuesday, November 11, 2014

Cooking - Toge Goreng Bogor

Toge Goreng khas Bogor
Andai ada yang nemu blog ini, mungkin dia akan ngerasa penulisnya labil berat.. semusim nulis makanan mulu..semusim nulis travelling mulu... yah untuk yang ngerasa kyk gitu.. maafkan daku yaaah.. #antisipasiblog gwdibacaoranglainselaingw#

Gw lagi pengen toge goreng !! Ini terjadi saat gw lagi naik motor otw ke rumah dari kantor. Tiba - tiba gw pengen toge goreng.. kepengen tingkat dewa. Trus gw inget, di depan komplek rumah gw ada abang - abang yang jualan toge goreng.. cuma udah malem gitu, gw ga yakin dia masih jualan pas gw sampe dkt rumah gw. Tapi gw bingung juga, mau cari dimana toge goreng hari gini, ga sempet searching...

Sejam kemudian, pas gw masuk gerbang komplek, tuh abang masih jualan dan gw masih kepengen, so ini mungkin yang namanya jodoh...
Jadi gw lsg melipir parkir, dan beli seporsi, harganya 7000 perak.
Pas dikasih ke gw, gw menatap bungkusan toge goreng itu dengan agak2 ragu..bungkusannya kecil dan tipis.. pas gw sampe di rumah..tratattttttaaaaaa $#%&*@ musnahhh harapan koe..
Toge dan mie nya cuma seiprit, oncomnya ga ada, dan yang lebih parah pas gw coba, bumbu tauconya ga berasa alias hambar.. cm kebantu sama pedes cabe ajaaaa jd msh untung tuh 7000 perak habis sama gw. Kalo engga, pasti berakhir di tempat sampah... itu hari kamis!

Hari sabtu, gw msh ngecess.. kebayang toge goreng medog di surya kencana... aaarrrgggh .. gw ke pasar aja lah. Gw beli toge setengah kilo,oncom 2 papan, tauco manis sebotol, mie kuning seperempat, tahu cina 2 biji, kucai sama daun bawang... tralaaalalalala ... beli ga puas... gw bikin ndiri ajaaaaa.

Resepnya ? hehehe toge goreng ala gw..

Tahap persiapan :

  • Tahu cina dipotong dadu, trus digoreng, jgn sampe mateng garing, cukup berkulit aja.
  • Kucai diiris - iris, setengah cm, daun bawang diiris tipis. 
  • Mie kuning diseduh sebentar sama air mendidih yang diberikan sesendok minyak. 
  • Oncom diancurin, dikremes -kremes, diemin dulu sebentar. 
Bumbu Tauco. 
  • 8 siung bawang merah iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • Cabe rawit (kalo mau sambel terpisah jg gpp, cuma gw pemalas, gw bikin pedes aja bumbunya)
Pelaksanaan : 
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan 3 sdm minyak goreng. 
  2. Setelah wangi, masukkan daun bawang dan rawit oseng - oseng. 
  3. Masukkan kremesan oncom, aduk - aduk sebentar
  4. Masukkan tauco (gw pake nyaris sebotol)
  5. Masukkan air (maap, gw pake takerannya cuma gelas.. gw pake 3/4 gelas air)
  6. Aduk - aduk sampai tauco merata. 
  7. Tambahkan kecap manis, kira - kira 3-4 sdm. 
  8. Setelah mendidih, masukkan kucai, biarkan mendidih sebentar. 
Penyajian :
  • Toge direbus dulu, jangan sampe layu, sampe setengah layu aja. Letakkan di piring. 
  • Diatasnya letakkan mie kuning dan tahu
  • Siram dengan kuah tauco...
  • Siaappp dimakan.. yipppiieeee




No comments:

Post a Comment