Wednesday, September 17, 2014

Semarang - Kenang - kenangan di kota lama (1)

   Ini sebetulnya cerita lama, cuma ga pernah dapet kesempetan buat nulis. Karena bingung sebetulnya apa yang mau ditulis. Cerita jalan  - jalannya atau kenekatannya... ?? 

Yah.. niat sebenernya jadiin blog ini buat blog resep masak (aja).. tp karena gw jg hobi jalan - jalan, pengennya punya blog juga buat jalan - jalan. Cuma ribet ah sampe punya 2 blog. Jadi gw tulis disini aja yah sebelum gw lupa ingatan pelan - pelan karena ingatan gw tererosi sama riuh ruah nya peristiwa hidup gw.. 

Pernah visit ke suatu tempat di antah - berantah dan harus nginep di hotel kemudian crap!!!!#%&## 
Hotelnya kotor, staffnya brengsek, kamarnya bau atau.. ada penghuni lain yang nemenin kita tidur disitu ??? 
Nah berawal dari pengalaman pribadi yang ini.. gw memutuskan untuk selalu cek and ricek referensi hotel yang gw incer. 

Cerita ini ada gara - gara jalan - jalan dadakan gw n keluarga unyil gw ke Semarang. 
Perjalanan ini gw bilang perjalanan nekad karena ga ada persiapan. Kayak orang bangun tidur dan "cling" ada lampu di kepalanya... ah pengen deh jalan - jalan... 
Jadi gw dapet libur dari kantor 5 hari... bayangin 5 hariiii coyyyy... gimana gak cihuy (baca: buat yang punya duit dan rencana liburan mantep). Gw yang geje ini , juga ga pengen ketinggalan cihuy dong.. 

Iseng tanya  ke suami gw yg lagi ngelap - ngelap mobil.. 
"Say..si timmy sehat ga sih ?" ..btw Timmy itu nama panggilan buat mobil Timor ijo gw.. (yang saat cerita ini ditulis, sudah berpindah tangan ke orang lain, alias dijual) 
"Sehatlah.. kenapa ?" 
"Jalan yuk.."
"Ayuk..kemana.." 
( ini pembicaraan akan jadi panjang kalo ditulis.. jadi distop aja sampe sini..) pokoknya singkat kata, suami gw mau dan meyakini bahwa si Timmy kuat jalan jauh... tp diem- diem gw ngesave semua nomor telp bengkel di pantura buat jaga - jaga ..

Akhirnya diputuskan tempat yang dituju kali ini adalah "Semarang" . Kenapa Semarang ? Karena gw pengen makan lumpia disana( lebay)... Sebetulnya  kita ga punya alasan jelas, kenapa Semarang, cuma kayaknya yang ada di otak kita berdua pas kebetulan kok yah Semarang... 

Jadilah malam itu kami mulai surfing internet, nyari hotel murmer.. apesnya.. semua hotel yang kami dapet udah full booked. Ga ada kamar.. walah.. mau nginep dimana ini.. 
Akhirnya sekitar jam 9 malem, aku berhasil dapet hotel yang masih ada kamar kosong, tarifnya murah banget, semalem cuma 150rb perak ada AC lagi.. wuah, saking napsunya dan ga mau keilangan kamar lagi.. malem itu juga langsung gw transfer pembayaran.  Satu hotel lagi, gw bisa dapet di daerah wisata Bandungan.. 350rb/ malem.. langsung juga gw book dan bayar. Sip !! Hotel beres.. tinggal packing.

Jam 1.30 pagi, suami, gw dan anak - anak oh sama Timmy juga donk.. berangkat dengan tenang dari rumah.. Iyalah harus tenang..kalo ga nanti hansip pada dateng ke rumah..kirain ada rampok lagi bebenah.. karna kita masuk-masukin ransel tas dan ransum bekel jelang berangkat pagi itu. 

Kami menelusuri tol Cikampek, Patok Besi, Pamanukan hingga tol Pejagan, lancar jaya... jam 4 pagi kami sudah sampai di brebes.. Yihaaa.. Hari ini kami menyambut matahari terbit di tengah sawah.
Jam 6 pagi, kami sarapan ditengah hutan karet Weleri, membuka bekal nasi goreng yang kami bawa. Niat bener yah gw masak nasi goreng jam 1 pagi nih. Keduanya adalah hal yang jarang terjadi dalam hidup gw, masak nasgor tengah malem dan sarapan pagi ditengah hutan jati. 
Selesai makan, kami berangkat lagi. Hampir lupa ngecek si Timmy.. tapi pas dicek, radiator oke, air masih penuh.. Timmy ini penyakitnya di radiator soale..

Tepat pukul 8.10 kami memasuki kota Semarang. Keramaian kota dan ruwetnya simpangan yang menyambut kami. Arah pertama yang kami tuju adalah hotel yang sudah kami booking.. ceritanya mau nitip bebawaan dulu sekalian pengen tau kayak apa sih hotelnya... kok yah muraaaah buangeet.. *penasaran*. Setelah sempet nyasar beberapa simpangan, gangguin tukang becak yang lagi tidur di becaknya, bikin jantungan ibu - ibu yang lagi gossip sama tukang sayur (soalnya gw nyamperin dari belakang trus nyolek, sampe bungkusan tempe nya hampir jatuh xixixi) akhirnya gw nemu juga hotelnya.. 


Foto diatas adalah penampakan depannya.. *slurp* nelen ludah..dari isi parkiran yang kosong melompong, kayaknya kami tamu pertama yang datang (dan ternyata emang cuma gw tamunya pagi itu). Gw sampe ngucek2 mata dulu, meyakini bahwa alamatnya sama persis dan sayangnya iya.. 
Penampakan depannya sama dengan yang ada di internet, hanya lebih spooky aslinya aja.. Suwerrr.. 



Anak  - anak langsung senyap, mereka ga berani ngomong dan gw juga ga berani bilang. Tapi karena feeling kita so connected, mereka paham, ini adalah tempat tidur kita malem ini.. 
Suami gw adalah satu -satunya orang yang tampaknya ga terganggu dengan kenyataan ini. Dengan tenangnya dia masukin Timmy ke halaman parkir dan nanya dengan sumringah ke arah kita - kita.. "kita check in sekarang ?" *gubrak*

Akhirnya gw sama suami aja yang turun, anak - anak tunggu dimobil. 
Seperangkat meja kayu tinggi dan panjang menyambut kami di muka pintu, ga keliatan ada orang sama sekali . Gw masuk pelan - pelan sambil celingukan. "Permisiiiiii." seru gw pelan.. 
"Ya mbak.." hiyaaaaaa... gw kaget setengah mati karena tiba - tiba sesosok kepala muncul dari balik meja resepsionis dengan senyum yang ramah.... *kualat nih gw sama ibu - ibu yang lagi gossip di tukang sayur...* 


"oh.. ini yang semalam transfer yah? Sudah mbak, kamarnya sudah siap, bisa langsung dipakai." ujar si ibu resepsionis dengan ramah dan penuh senyum setelah gw jelaskan siapa gw.. *ga penting dibahas siapa gw disini yah* 
Diluar penampakan fisik bangunan hotel ini, keramahan resepsionisnya sungguh luar biasa, gw kasih dua jempol.. 
"Ibu, kamar saya dibawah kan ? saya maunya dibawah.." ujar gw sambil menatap cemas ke arah tangga yang tampak suram. 
"oh iya mbak.. dibawah kok, dekat dari sini.. itu pintu nomor 2" jawabnya sambil menunjuk ke lorong di sisi kanan resepsionis. 
Gw ngeliat ke arah telunjuk si ibu ramah, dan (mungkin keliatan) menarik napas lega. Kamar gw cuma beda 1 kamar dari pintu keluar. Gw liat, di depan tiap pintu ada meja kecil, gw ga tau buat apa sampe besok paginya. Ternyata meja kecil itu buat nyediain 2 gelas teh manis hangat dan 2 potong roti bakar untuk sarapan pagi.

Kami dipersilahkan melihat kamar. Kamarnya standard, dengan satu ranjang besar, AC window dan kamar mandi dalam. Ada sebuah jendela besar yang menghadap ke arah taman yang tampak tidak terurus. Secara keseluruhan, kamarnya ga jelek, ga bagus. Ga bersih tapi juga ga kotor. Biasa lah.. sampai mata saya menatap sebuah stiker di cermin "Hindari HIV, gunakan kondom selalu!" *gubrak lagi*
Bukaaan.. bukan pihak hotel yang menempelkan stiker itu di cermin, karena stiker itu disponsori oleh salah satu merk kondom lokal. Tapi pasti pengguna kamar sebelumnya yang menempelkan, entah siapa... dan pasti kalo stiker itu sampe ada artinya dia... haaaa. yah sudahlah.. ga usah diterusin. Dan pihak hotel juga tampaknya tidak terganggu dengan adanya stiker itu di cermin mereka. 

Karena kelihatannya kami adalah tamu satu - satunya disitu  dan ga ada yang bisa kita lakukan di dalam hotel, jadi kami memutuskan untuk mulai keliling kota pagi itu juga. 
Kami sempat bertanya pada ibu ramah di meja resepsionis yang dengan baik hati menunjukkan tempat dan jalan menuju tempat tempat landmark nya Semarang. Hmmm.... gw lirik suami yang manggut - manggut pas lagi diterangin jalan, tapi matanya yang menatap gw mesra.. (boong) jelas - jelas menunjukkan kalo dia GA NGERTI !!! Hadeuuuh... 



.







No comments:

Post a Comment