Thursday, September 18, 2014

Kota Lama Semarang

       Landmark kota Semarang yang pertama kali gw liat adalah, tentu saja Simpang Lima Semarang dan Lawang Sewu yang posisinya memang berada tepat di Simpang Lima Semarang.

Kalo mendengar "Lawang Sewu" pasti deh yang kebayang acara "Dunia Lain" dan semua cerita serem tentang tempat ini. Tapi ada sih gw denger yang bisa - bisanya milih tempat ini sebagai tempat prewed. Dulu tuh gw mikirnya, "Gila bener sih tuh orang kayak ga ada tempat laen aja sampe Lawang Sewu dijadiin tempat prewed!"

Tapi pas ngeliat sendiri sosok bangunannya ternyata memang lucu...eh.. maksudnya ga seserem yang gw duga selama ini. Gedungnya unik dan berasa banget gaya kolonialnya. Langit - langit yang tinggi, menara yang menjulang, tegel teraso kekuningan dan dekor pintu yang bikin gw inget sekolah susteran gw waktu SMA.

Pas kita dateng, Lawang Sewu tengah bebenah, gedung depan baru saja di cat ulang hingga dindingnya tampak berkilau.
Selain Lawang Sewu, landmark kota lama Semarang adalah Gereja Blenduk. Namanya lucu yah.. ga usah dibahas kenapa dibilang blenduk yah.. pasti udah banyak yang tau.. kalo ga tau, yah silahkan tanya orang Semarang.. *lho..?!*

Karena kita banyak nyasarnya, entah berapa kali suami gw kelimpungan muter balik. Dan ga punya modern GPS (Global Positioning System) maka kita harus sering sering mengaktifkan manual GPS (Gunakan Penduduk Sekitar).
Akhirnya pas ngeliat ada mall dengan plank salah satu toko buku ternama, suami gw langsung melipir tanpa bilang - bilang tinggal kita yang menatap dia bengong..
"Cari peta dulu !" kata dia begitu Timmy dapet tempat parkir.
Hah!! dasar anak mall!!!

Benang merah dari cerita ini adalah : jangan pernah sepelekan Manual GPS, bahkan seringkali dari manual GPS inilah kita bisa dapetin hal - hal yang sebelumnya kita ga tau.
Contohnya : "Jalur semarang Ungaran lagi macet jam segini mas, mending besok aja, subuh berangkat, pasar Ungaran masih sepi"
atau "Ooh si mas tanya jalan ke kerep ? mau ke kerep ? Itu ada belokan nganan depan terminal Ambarawa, nanti belok aja, itu udah jalan ke Kerep.. ada nasi pecel enak loh mas disitu. Mas mesti coba....." (Ngggg..ngomong2 terminal Ambarawa itu sebelah mana???)

Lawang Sewu sedang renov (ps: bayangan disudut bukan penampakan)

Gereja Blenduk


No comments:

Post a Comment