Thursday, September 18, 2014

Sam Po Kong.. Jejak Sejarah kota Semarang.

    Ehm.. jangan ketipu sama judulnya yang syahdu, karena gw ga berbakat sebagai historian. Gw dateng ke kelenteng ini karena tempat ini kerap disebut - sebut sebagai tempat yang asik. Bahkan salah seorang teman yang emang asli semarang mewajibkan gw untuk dateng kesini kalo mampir ke Semarang.. (gw sebetulnya heran.... kenapa wajib ke Sam Po Kong, bukan wajib ke rumah dia ?? Ada yang tau jawabannya ??)

Ya sudahlah ga perlu bahas kenapa dia ga mewajibkan gw datengin dia kalo gw ada di Semarang, karena berhubung ga wajib.. gw juga ga ke tempat dia, tapi begitu dia liat foto gw di FB, dia telpon gw ngoceh2 karena ga ngabarin dia kalo gw ada di Semarang... cerita yang aneh.. *emang*

Oke.. Siapa sih Sam Po Kong.. gw juga ga kenal :( kan gw udah bilang gw bukan historian. Tapi ada yang bilang kalo Sam Po Kong ini adalah nenek moyangnya etnis Tiong Hoa yang beranak pinak di Semarang. Yang membuat lumpia semarang, jadi salah satu makanan terenak di muka bumi, menjadi salah satu khas kota Semarang. 

Tapi berada di kelenteng ini, yang pas gw datangi ramainya bukan main, membuat gw sekejap ngerasa kayak lagi ada di Shanghai.. 
"Emang gimana rasanya di Shanghai?" kata suami gw kepo..
Gw sambil terus jepret jepret (pake kamera bukan karet gelang) ngejawab..." yah kayak sekarang.. rasain aja..gampang kan ??" 

Gerbang Sam Po Kong

Salah satu kelenteng
Naga Terbang..^-^ ugggh... 
Ornamen 

Lagi asik - asik jadi turis, gw denger seseorang ngomong sama orang lain, "eh abis ini ke ke Tay Kak Sie yuk, disana ada miniatur kapal Cengho!"
Telinga gw langsung berdiri.. eh apa lagi tuh kapal Ceng Ho, apa pula Tay Kak Sie ? Ohh mungkin sepupunya Eng Tay.. (komen sok tau suami gw.. padahal sama hopeless nya ma gw soal sejarah dan yang terburuk.. Eng Tay itu bukan tokoh sejarah.. tapi tokoh cerita roman, kayak Romeo and Juliet.. *Tambahan yang mungkin ga penting*
Akhirnya daripada penasaran.. gw tanya.. 
"Tan, Tay Kak Sie itu apa ? dimana ?" 
"Oh itu loh dek, sama kayak gini juga (baca: kelenteng), cuma lebih kecil. Didepannya ada miniatur kapalnya Ceng Ho. Itu tuh kata keponakan saya. Tin.. sini !" serunya memanggil keponakannya. 
" Tin, itu kapal Cengho yang ya kamu bilang tadi ada dimana ?" tanya si tante sama ponakannya. 
"Oh itu Ku.. di jalan lombok," kata si Tin ke tantenya
"Tuh, katanya di jalan Lombok," kata si tante ke gw
"Jalan lombok tuh dimana yah ? jauh dari sini?" tanya gw
"Dimana Tin ?" tanya si tante
"Itu deket Semawis," jawab si tin
Eh.. apapula semawis ??
"Semawis itu apa ?"

Oh sungguh.. percakapan ini masih panjang dan mengakibatkan otak gw tersesat antara Tay Kak Sie, jalan Lombok dan Semawis... membuat gw bertekad, tahun depan gw mesti punya GPS modern.

Singkat kata, Tay Kak Sie itu kelenteng kecil, letaknya di pinggir kali di jalan Lombok. Nah di sisi kalinya itu ada miniatur kapal Ceng Ho.. siapa itu Ceng Ho ? Ceng Ho itu aka Sam Po Kong.. orang yang sama..
(Sebetulnya gw ada foto - foto disini, miniatur kapalnya lumayan juga. Tapi kayaknya kamera gw ngadat nih pas disini, karena hasilnya elek- elek semua..gelaaaap.. cuma keliatan tiang2 kapalnya aja.. jadi lebih baik gw ga tampilin deh..)

Lalu apa pula itu Semawis ? oooowww.. ini asik ternyata.. Semawis itu nama gang yang letaknya ga jauh dari Tay Kak Sie. Setiap sabtu, dibukalah pasar malam makanan disana, mirip pasar baru Jakarta dalam versi lebih simple. Jadi kalo ke Semarang pas Sabtu malem Minggu, jangan lupa mampir di Semawis, puasin lidah dan perut disana...

Sekedar catatan tambahan : berburu kuliner di Semarang sebetulnya cukup banyak tempatnya. Sayangnya, lagi - lagi karena kurang persiapan, saya ga bisa berburu banyak, selain lumpia dan ikan bandeng presto yang berpusat di Jalan Pandanaran. Menurut info yang saya dapet, tempat ini memang pusatnya penjualan oleh - oleh, tapi tentu saja kalau namanya area penjualan oleh - oleh.. harganya pun harga turis.
Sekilas suasana gang Semawis




No comments:

Post a Comment