Thursday, September 18, 2014

Gedong Songo... negeri di awan

Gw cuma ngabisin waktu sehari semalem aja di Semarang, karena gw ga dapet tempat buat extend lebih lama di kota itu.

Staf hotel yang gw tempatin di Semarang sih baik and ramah banget, udah kayak gw tamu keluarga besarnya aja. Cuma suasana tidurnya ga terlalu nyaman buat anak - anak. Berhubung gw bawa anak kesitu, jadi lebih baik gw pindah tempat lain.

Kali ini gw berangkat pagi - pagi (sesuai advis pegawai toko buku tempat gw beli peta kemaren). Jam 6 gw and anak - anak udah ready. Timmy juga udah dipanasin, udah siap buat jalan lagi. Petugas hotel yang mungkin ga biasa ngeliat orang check out pagi - pagi buta, tergopoh - gopoh melayani kami. Dan yang buat gw terharu, dia sempet nahan kami sebentar... gw kira ada masalah sama payment gw ato kamar gw. Gw udah curigation aja.. tapi ternyata dia balik dengan membawa 4 gelas teh manis hangat... bayangin.. 4 gelas !! Padahal jatah tiap kamar harusnya 2 gelas aja..
"Diminum dulu mbak, paling engga lumayan biar anget perut anak - anak pagi - pagi begini," oh... hampir gw peluk tuh sih mas..

Tujuan kita kali ini adalah daerah wisata Bandungan, tempat gw nginep berikutnya. Rute kali ini dari Semarang masuk tol dan keluar sebelum kota Ungaran. (Cat : Saat tulisan ini dibuat, Tol Semarang sudah mencapai Bawen, jadi keluar tol sudah melewati pasar Ungaran). Bener aja, pagi begini, pasar Ungaran yang biasa ramai jadi biang kemacetan masih sepi. Gw bisa lewat dengan mudah, malah bisa joget - joget kalo mau.. *geplak*

Bandungan dikenal sebagai "puncak"nya warga Semarang. Tempatnya dingin dan banyak penginapan disana. Tempat ini juga dikenal sebagai penghasil tahu. Tahu ? Iya.. tahu Bandungan. Kalo kesini pasti banyak kita lihat toko - toko yang menjual tahu dan susu kedelai.

Karena masih pagi pas gw sampe di Bandungan, akhirnya kita ga ke hotel dulu padahal kita udah lewatin hotelnya. Kita langsung naik ke atas ke Gedong Songo. Dari peta keliatannya sih deket, cuma seruas jari kelingking.. hehehe iya lah. Tapi ternyata jalannya coyyyy.... nanjak terus. Timmy sampe ngos - ngossan kayaknya..
Puncaknya pas udah dikiiiiit lagi sampe di gerbang Gedong Songo.. eh Timmy malah hampir melorot.. untung jokinya sigap pindah ke gigi lebih rendah.. dan ditambah sedikit doa...ngeeeeng.. Timmy berhasil nanjak.

View dari pelataran parkir, jangan buru - buru masuk ke dalam.. nikmati ini dulu
Gw terus terang selalu iri sama orang - orang yang hidup di kaki gunung. Hidup mereka seolah terasa damai dan tenang. Berjalan mengikuti melodi alam, tidak terburu - buru, semua serba perlahan namun konstan. Dimulai dari matahari terbit hingga terbenamnya, mereka menikmati setiap detik ritme hidup yang dianugerahkan Sang Pencipta dan menikmati setiap ukiran tangan Tuhan yang luar biasa... *hiks.. hiks..iriiiii*

Pas gw turun dari mobil, hawa dingin langsung menyergap. Masih pagi, masih belum banyak orang yang datang. Gw terkesima melihat pemandangan yang ada di depan mata. Koddie, my old pocket digital camera kayaknya ga sanggup buat meng-capture semua keindahan itu dengan sempurna.. (oke.. gw ngaku.. gw emang belom becus ngambil gambar, tapi Koddie emang udah old kok... ). Cuma saran gw kalo kesini, mending pagi -pagi, kalo buat yang jiwa advonturirnya kuat, bisa camping disini. Gw ngebayangin, pasti bagus banget liat matahari terbit dari atas sini. 
Gw cuma menyayangkan 1 hal dari tempat ini.. : Kuda ! .. Kuda ?? 
Iya kuda.. sebetulnya diperuntukkan buat orang yang mau ke puncak tapi ga mau cape. Soalnya jauh dan lumayan bikin dengkul gemeter. Tapi yang ngebetein, Kuda ini suka ga mau ngalah, dan kotorannya tersebar dimana mana. Mungkin harus dipikirin enaknya gimana masalah kuda ini. 

Di dalem komplek candi, ada sumber geothermal. Ada kolam air panasnya juga yang sayangnya hanya dibuat seadanya. Kurang menarik, kurang terawat. Ini PR juga buat pemda Jateng. 
Btw, denger - denger ada perusahaan asing yang tertarik untuk mendaya gunakan geothermal di kawasan ini sebagai sumber energi. Tapi denger - denger juga, penduduk sekitar menolak karena khawatir tempat itu akan dirusak. 

Semoga sih engga yah.. dan bila memang jadi dimanfaatkan oleh persh asing.. semoga masih ada tempat bagi candi candi yang tersisa. 
 

UPTD Gedong Songo

Gerbang komplek Candi Gedong Songo



Salah satu dari 9 Candi yang masih utuh





No comments:

Post a Comment