Sunday, November 27, 2016

Tuna Suwir Pedas






Buat orang yang mood masaknya itu dateng suka - suka, maka menu lauk pauk yang bisa disimpan lama itu biasanya favorit.  Apalagi kalo rasanya mantap. Jadi waktu tetangga menghidangkan menu ini sebagai salah satu menu arisan.. waaah napsu deh. Katanya lauk ini bisa disimpan seperti abon. Saya langsung nanya- nanya kepo sama resepnya. Ini bocorannya... 

Bahan utama:
Ikan tuna / ikan tongkol / cakalang
(Ikan apa saja sebetulnya boleh tp kalau saya lebih suka  menggunakan ikan tuna, tenggiri juga mungkin bisa... tapi saya ga suka, mahal soalnya 😋) 250 gr.
3 lembar daun jeruk purut, sobek" kasar
3 batang daun bawang, iris halus
Minyak untuk menumis
Haluskan bumbu berikut:
7 buah cabai keriting
3 buah cabai rawit merah (boleh tambah kalau suka pedas)
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1 ruas jahe dan kunyit
1 batang serai, ambil bagian ujung putihnya saja, keprek
Langkah pembuatan:
1. Ikan yang sudah dicuci bersih, lumuri garam dan aur jeruk nipis supaya tidak terlalu amis. Kukus hingga dagingnya berwarna putih.
2.Dinginkan kemudian suwir suwir, duri dan kulitnya tidak digunakan.
3. Panaskan minyak diatas wajan, tumis bumbu halus, kemudian masukkan bumbu daun yang tidak dihaluskan. Kecuali daun bawang. Masukkan daging suwir ikan, tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk (bila mau). Adjust rasa sesuai selera. Tambahkan irisan daun bawang. Aduk terus hingga daging ikan tampak kering seperti abon.
4. Bila sudah matang, diamkan sejenak. Begitu dingin masukkan dalam wadah tertutup bila mau disimpan. Simpan dalam lemari pendingin. 
Pengalaman saya, bisa disimpan sampai sebulan dan masih bagus rasanya. Meski kalau tidak sengaja disisakan untuk test penyimpanan, lauk ini tidak pernah bertahan lebih dari 2 hari 😔.
Tuna Suwir ini akan lebih mantap bila dimakan dengan nasi putih hangat, kukusan labu muda dan sambel... duh.. nyam nyam deh.. 

Bila mau masak lebih, gandakan saja resepnya.....
Untuk bumbu daun, bila masih terasa amis, bisa dibantu dengan daun kunyit, dirajang halus, tumis berbarengan dengan daun jeruk. Untuk menambah aroma saja.

No comments:

Post a Comment