Wednesday, December 17, 2014

Melihat Bidadari di Subang


Kayaknya, kebanyakan tempat tujuan gw itu ditemukan secara tidak sengaja. Mungkin seperti Columbus menemukan Amerika. Kalo dulu Columbus melakukan pencarian dengan duduk di depan meja di atas kapal, mengamati peta sambil terombang ambing di lautan. Nah ! Kalo gw melakukan pencarian dengan duduk di depan laptop,menatap screen laptop sambil terombang - ambing di atas kasur...  #jleb#

Jadi kalo lagi ga ada kerjaan, gw suka browsing2 catper orang, yang rasanya bisa gw jiplak perjalanannya, gw ikutin.. kalo yang engga, yah gw akan terus menabung mimpi. 
Yang memikat hati dari browsing kali ini adalah dua tempat di Purwakarta yaitu Situ Wanayasa dan Curug Sijalu. 
Menurut situs yang gw baca, Situ Wanayasa adalah tempat yang sejuk alami, dengan kontur pegunungan dan dikelilingi bukit - bukit hijau. Sedangkan curug Sijalu yang terletak di kaki gunung Burangrang plus,dibumbui dengan keindahannya sehingga bidadari pun sering turun kesana untuk sekedar mandi dan bercengkrama. Dan bila beruntung, bisa melihat goresan pelangi di permukaan air terjun... woooow, mata gw langsung berbinar kalo udah baca yang beginian, ditambah lokasinya cuma selemparan batu, dilempar sama Rahwana tapinya :) 

Akhirnya dikalahkan oleh rasa penasaran, suatu weekend,  berangkatlah gw pagi - pagi benar, menempuh perjalanan melewati pegunungan dan daratan, perjalanan ini gw rencanakan pulang hari, karena menurut hitungan, gw masih sanggup jalaninnya pulang hari. 
Rute gw, karena pake mobil pribadi, gw lewat tol Cipularang, keluar di Purwakarta. Lalu  dari situ, gw jalan santai aja ngikutin GPS yang udah gw set, nanti akan ngelewatin alun - alun yang asri dan rindang banget. Didepan alun - alun berjajar delman tempo dulu yang bisa disewa untuk sekedar main - main, nanggap angin.... Sayangnya gw ga sempet foto, karena supir gw kebelet sampe :( sebeeel... 
Tapi kalo pada kesana, coba deh mampir sebentar, waktu seakan berhenti disitu, dan tertarik kembali ke masa lalu. 

Untuk menemukan Situ Wanayasa sih, sama sekali ga sulit, karena gw letaknya di tepi jalan raya. Yang agak sulit itu menemukan sang curug.. tapi beruntunglah anak - anak sekarang,terbantu banget dengan teknologi GPS... coba dulu, pasti butuh 7 hari buat kesini doank....

Note : copy paste dari www.tempatwisatadijawabarat.com
Lokasi Curug Cijalu terletak di Desa Cipancar, Kecamatan Sagala Herang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak pada titik Koordinat GPS: -6° 42' 43.00", +107° 35' 49.00"

Note (lagi) : 
Kalau memiliki kendaraan yang memungkinkan, gw saranin buat bawa sepeda gunung (kalo punya) karena rute ke Sijalu ini okeeeh banget buat sepedaan. Kendaraan yang dipake ditinggal aja di desa terdekat, desa Cipancar. Terus ngegowes sampe ke curug. Sepanjang perjalanan, Tuhan sendiri yang akan menjamu dengan lukisan ciptaannya... niat gw sih kalo kesini lagi, gw mau sepedaan aja.. 
Btw, gw cuma saranin sepedaan yah, jangan disalahartikan bahwa dengan begitu elo bisa pake sepatu roda.



Pulau kecil di tengah Situ Wanayasa


Situ Wanayasa

Jalan kendaraan menuju Curug Sijalu sayangnya rusak, gw mau nebeng bidadari, ga ada yang lewat ^-^

Hamparan hijau kebun teh bikin gw mendadak pengen nginep aja disini 

Keren kaaan

Kebun teh

jalan setapak menuju bidadari ... eh.. curug 

Curug Sijalu

ternyata rame juga




No comments:

Post a Comment