Friday, December 23, 2011

Ketan bumbu kelapa

Ketan Bumbu Kelapa

      Ketan bumbu kelapa ini  hadir gara - gara, komen annoying anak - anak gw.. mereka bosen sama sarapan nasgor (gara - gara seminggu full gw masakin nasgor mulu). Bukan apa - apa, soalnya menurut gw , menu itu yang paling short time dan ga bikin gw harus ngadepin kompor sambil merem. 
     Tapi dengan lebaynya mereka bilang, "Mih, temen aku aja bosen ngeliatnya.. gimana aku ??" Heh.. emang sapa yang suruh liat - liat.. 
Akhirnya gw luluh juga sih sama protes mereka, dan tiba - tiba ide bikin ketan ini hadir. Kayaknya gw masih punya bumbu serundeng yang gw simpen di box tupperware dalam kulkas. 
   
Resep : 

Bumbu kelapa

1 butir kelapa parut, pilih yang muda, kupas bersih, parut.
1 sdt garam
Haluskan bumbu - bumbu berikut :
- 4 butir cabai keriting (bila suka pedas boleh tambah lagi cabainya)
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 lbr daun jeruk

Campurkan bumbu dengan kelapa parut dan garam secara merata, lalu sangrai sampai betul - betul kering. Kering artinya kelapa tidak lagi basah mengandung air. Saat dipegang dengan tangan, terasa keringnya, seperti getas. 
Bila suka manis ( seperti gw yang manis  xixixixi ) saya tambahkan 4 sdm gula pasir, lalu dioseng - oseng lagi hingga rata. 
Bila suka asin tambahkan garam lagi, sampai asinnya terasa pas. 
Nah bumbu ketan sudah siap. 

Tinggal masak ketannya, kalau cara gw, kurang lebih seperti memasak nasi liwet. 

1 liter beras ketan
500 ml santan ketal dari 1 butir kelapa.
1/2 sdt garam
2 lbr daun pandan

Campurkan semua bahan tersebut, masak sampai santan mengering, diserap oleh ketan. Lalu siapkan kukusan, masak hingga air kukusan mendidih, lalu pindahkan ketan tersebut. Kukus hingga ketan matang. 

Hmmmm... gampang.. dan yang pasti waktu ketan ini muncul perdana di meja makan, anak - anak ga komen lagi.. cuma melongo.. "itu apa ??" 
"ini ketan.. yang penting bukan nasgor kan ?" 

_:_




No comments:

Post a Comment