Tuesday, February 9, 2010

Lasagna



Lasagna ini adalah percobaan yang ke2. Ada 2 hal yang membuat saya tergelitik untuk mencoba lagi setelah percobaan pertama gagal saat merebus kulitnya, yaitu : Saya penasaran, masa iya bikin lasagna sesulit itu, mengingat banyak orang yang bilang, bikinnya gampang, meski ngabisinnya jauh lebih gampang hehehe, itu alasan pertama.
Alasan kedua, karena ke 2 putri kecil saya suka banget sama lasagna ini. Well...actually, mereka penyuka segala jenis pasta, yang berasal dari Itali hingga daratan Cina, dari yang berbahan dasar makaroni hingga berbahan dasar mie kering yang direbus.

Namun, jujur ternyata untuk yang kedua kali ini pun tidak bisa dibilang terlalu sukses. Saat kulit - kulit pasta itu saya cemplungkan ke dalam panci berisi air yang sudah ditetesi minyak dan ditaburi garam, kulit - kulit itu saling menempel satu sama lain.. Mak!! Cilaka !! Saya sudah mau menangis karena kesal ! Satu dus kulit pasta harganya tidak bisa dibilang murah, masa mau saya buang ??!! Grrrr!!!

Akhirnya, saya memutuskan untuk mencari P3KL (Pertolongan Pertama Pada Kulit Lasagna) hehehe... kemana ? kemana lagi kalo bukan ke NCC. Di tengah hari minggu siang nan panas, semoga ada yang lagi rajin melihat email dan berkenan menjawab pertanyaan darurat saya...doa saya sambil mengetik. Kulit Pasta masih ada separuh yang tersisah utuh. Masih ada harapan...

Doa saya terkabul, ternyata lumayan banyak yang menjawab dan berbagai advise pun saya dapatkan. Mungkin saya tidak sempat membalas satu persatu emailnya, perkenankan saya mengucapkan terima kasih melalui blog ini kepada semua teman - teman NCC yang sudah berkenan menjawab sinyal SOS saya :)

Ini dia resep Lasagna yang membuat saya berjibaku di dapur hampir setengah harian. Semoga cocok dengan selera, kalau mau mencoba.

- 1 kotak kulit lasagna kering ( saya pakai merk "Agnesi", lupa itu instan atau bukan)
- Air untuk merebus yang sudah diberi 2 sdm minyak goreng dan 2 sdt garam.

( kalau saya, rebus kulit lasagna sampai lunak. Agak tricky untuk proses satu ini kayaknya, atau sayanya ajah yang kurang canggih ? Lihat di rangkuman tips yah..)

Saus daging:
- 4 sdm margarin
- 1 buah bawang bombay, iris halus - halus
- 500 gr daging sapi giling
- 2 buah tomat, rebus sampai lunak,kupas kulitnya kemudian haluskan. Boleh pakai blender, kalo saya karena males bersihin blender,pake garpu ajah, ditekan - tekan.
- 10 sdm saus tomat, atau secukupnya, suka - suka selera. ( 10sdm itu kira - kira dan saya pakai saus tomat merk "Del Monte"
- 1/2 gelas air, gelas ukuran normal
- 1 sdt merica bubuk
- 2 sdt Oregano (suka - suka juga sesuai selera, saya suka wangi oregano, jadi saya kasih banyakan)
- 1/2 sdt pala bubuk

Tumis bawang bombai hingga layu dan harumnya semerbak, masukkan daging giling, aduk rata sampai warnanya berubah kecoklatan kemudian masukkan tomat yang sudah dihaluskan, tambahkan air, lalu masukkan saus tomat aduk - aduk terus sampai mendidih, lalu taburkan oregano,hitung sampai sepuluh, lalu matikan. Artinya saus daging sudah siap.

Saus Putih :
- 6 sdm margarine, cairkan.
- 50 gr tepung terigu ( maaf,untuk ukuran saya pakai ilmu kira - kira. Saya ambil 5 sdm muncung terigu )
- 400 ml susu cair ( saya pakai susu bantal )
- 100 gr keju parut ( saya pakai kraft cheddar )
- 1/2 sdt merica

Cairkan mentega, masukkan terigu kedalamnya lalu aduk dengan cepat,saat menggerindil, masukkan susu cair perlahan - lahan sambil aduk terus, tekan bagian yang menggerindil supaya larut. Setelah larut, masukkan parutan keju. Jika dirasa terlalu kental, tambahkan susu saja, tidak masalah. Saat mendidih,matikan. Saus putih sudah siap dipakai. Lakukan seluruh proses dengan api kecil, supaya tidak hangus.

Taburan : 100 gr keju parut kasar.

Set Oven dengan panas 175 - 180 derajat Celcius.
Olesi loyang atau pinggan tahan panas tipis - tipis dengan margarin, letakkan kulit lasagna selembar demi selembar hingga menutupi loyang. Tuang saus daging, ratakan. Kemudian tuang saus putih, ratakan. Lalu tutupi lagi lapisan saus dengan kulit lasagna sampai menutupi semua saus, seperti diawal tadi. Teruskan seperti itu, sampai kulit lasagna atau sausnya habis. Usahakan kulit lasagna menutupi bagian atas. Setelah itu beri taburan keju parut kasar dan oven sampai matang.

Hidangkan dengan saus sambal.
Lasagna saya yang bikinnya pake perjuangan itu tak sempat menginap hehehe.. happy ending story kan :)

No comments:

Post a Comment