Saturday, November 12, 2011

Ayam Bakar Madu



Hari minggu libur, mau keluar kok yah males. Kepala gw udah seminggu ini cenut - cenut, mungkin migrain. Jadi bawaannya pengen tidur aja. Tapi kasian juga nih kalo pada ga dimasakin.
Akhirnya gw turun juga ke dapur, buka kulkas, masih ada ayam dan bumbu balado. Eh pas mbok tukang sayur lewat, gw teriak, "ada kemangi gaaaaaaaaa..." dan mbok sayur menjawab "adaaaaaaaa" (bayangin gerakan slowmotion ). Gw keluar masih dasteran dan balik lagi dengan membawa 1 ikat kemangi (500 perak) dan mulai deh gw mempraktekkan ilmu sihir gw... blakutek.. blakutik.. blakutak...

Bahan yang diperlukan :

Untuk rendaman ayam
1 ekor ayam negeri/buras potong 8 atau 12 (sesuka hati)--> gw cuma ada paha ma sayap, 8 potong
1 butir jeruk nipis, peras ambil airnya
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk

Untuk olesan ayam
1 sdm madu
5 buah cabai merah keriting, tumbuk halus.
5 sdm air biasa

Margarine secukupnya.

alat yang diperlukan : satu set panggangan, boleh alat panggang portable yang dapat diletakkan di atas kompor.

Cara membuat :
1) Baluri ayam dengan air jeruk nipis, garam, merica. Diamkan selama 30 menit di dalam kulkas atau sampai bumbu dirasa cukup meresap.
2) Goreng ayam sebentar dengan api sedang
3) Kemudian baluri ayam dengan olesan madu, lalu panggang sampai matang, dan hidangkan segera setelah matang.
4) Kalo bikin, jangan lupa bawain buat gw.. okee ??

No comments:

Post a Comment